Langsung ke konten utama

tugas 3 manajemen perpustakaan

 Tugas 3:manajemen perpustakaan
Tugas 3
Saudara Mahasiswa, pada Tugas ke 3 ini silahkan anda buat/paparkan menganai :
1. Perencanaan sebuah kegiatan layanan perpustakaan. misal perencanaan layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan perpustakaan keliling, layanan pembaca khusus, layanan anak-anak, layanan remaja, layanan koleksi langka, layanan koleksi berkala, dll (pilih salah satu)
2. Coba anda jelaskan dan paparkan mengenai layanan teknis dan layanan pengguna?
3. Coba anda jelaskan kegiatan pasca katalogan?
SELAMAT MENGERJAKAN
Jawaban SOAL NO.1
1.perencanaan layanan sirkulasi  di perpustakaan sekolah
A.Latar belakang
Rencana kerja pelayanan sirkulasi penting dilakukan guna memperoleh pedoman dalam pelaksanaan pelayanan sirkulasi sehingga tujuan dan sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.Pelayanan sirkulasi adalah jenis layanan yang diberikan kepada pemakai perpustakaandalam proses peminjaman dan pengembalian pustaka. Ruang lingkup layanan sirkulasi meliputi kegiatan, pendaftaran anggota Melayani peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, melakukan penagihan, membuatsurat keterangan bebas pinjam, menyusun laporan statistik, dan lain-lain.

B.Tujuan

1.      Memudahkan kegiatan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka bagi pemustaka.
2.      Untuk mengetahui bahan pustaka yang sedang dipinjam dan dikembalikkan.
3.      Memungkinkan pengguna mengetahui bahan pustaka yang dipinjam,
4.      Mengetahui siapa yang meminjam, mengembalikkan, terlambat pengembalikka sertasiapa pemustaka yang mendapat sanksi
5.      Menjamin kembalinya bahan pustaka yang dipinjam,
6.      Mendapatkan data-data kuantitatif kegiatan layanan sirkulasi.


C.Sasaran
1.      Menerima bahan pustaka dari bagian pengelolahan.
2.      Menyimpan bahan pustaka menurut susunan yang sesuai dengan peraturan.
3.      Menyediakan sarana penelusuran berupa katalog (OPAC)
4.      Melakukan pendaftaran peminat/pengguna bahan pustaka
5.      Melayani calon dan anggota perpustakaan.
6.      Melayani peminjaman dan penagihan.
7.      Mengenakan denda pada anggota yang terlambat mengembalikan.
8.      Secara berkala meneliti dan menggumpulkan bahan pustaka yang rusak untukdiperbaiki.
9.      Membuat laporan tertulis dan statistik secara berkala.
10.  Menyampaikan laporan kepada kepala perpustakaan.
D.SARANA
Sarana yang digunakan dalam Pelayanan Sirkulasi adalah :
1.      Jaringan computer
2.      SLIMS7.
3.      Komputer dan printer
4.      Barcode reader
5.      Slip peminjaman
6.      Alat tulis kantor
E.Hasil Yang Hendak Dicapai
Besaran hasil yang akan dicapai dalam kurung waktu satu tahun, Jumlah anggota,transaksi peminjaman, pengembalian, bebas pustaka.
F.Metodologi/prosedur kerja kegiatan layanan sirkulasi
·         Menyusun rencana program kerja layanan sirkulasi
·         Melakukan layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
·         Melaksanakan penagihan bahan pustaka yang sudah melewati batas tangal pengembalian
·         Melakukan penjajaran koleksi
·         Menerima denda sesuai yang telah ditetapkan
·         Memberikan surat keterangan bebas pinjam
·         Mengelola administrasi keanggotaan perpustakaan
·         Menerima bahan pustaka baru dari pengolahan
·         Mengadakan bimbingan pemustaka 
·         Memelihara alat penelusuran informasi berupa OPAC
·         Membuat data statistic sirkulasi
·         Melayani pinjam antar perpustakaanm.
·         Mengadakan kerjasama antara pengadaan dan pengolahan dalam hal merevisi dan pemeliharaan koleksi.
·         Membuat laporan bulanan, triwulan dan tahunan
G.Uraian Kegiatan Layanan Sirkulasi
1.Administrasi keanggotaan

Anggota perpustakaan sekolah meliputi siswa-siswi, guru, dan karyawan sekolah secara otomatis akan menjadi anggota perpustakaan sekolah
Peminjaman
·         Pemustaka menyerahkan buku yang akan dipinjam.
·         Pustakawan meneliti kondisi buku dan kelayakannya untuk dipinjamkan.
·         Pustakawan memproses peminjaman dengan melakukan kegiatan sebagai berikut:
1.Mengisi slip peminjaman
SUMBER: http://www.academia.edu/8494757/Contoh_Rencana_Operasional_Pelayanan_Sirkulasi
Jawaban soal no.2
2. Layanan teknis
menurut  saya
1.Layanan teknis merupakan kegiatan pengolahan buku atau menyiapkan buku dengan baik  untuk bisa di gunakan dan di manfaatkan oleh pengguna perpustakaan
Proses layanan teknis meliputi
·         Memberikan stempel perpustakaan
·         Mencatat buku baru ke buku induk perpustakaan
·         Input data ke software perpustakaan
·         Memberikan nomor klasifikasi sesuai dengan DDC
·         Pengkatalogasasian
·         MEMBERIKAN SAMPUL BUKU
·         Buku siap di pinjamkan
JAWABAN SOAL NO.3
3.kegiatan pasca pengkatalogisasi
A.     Fisik dan kelengkapan bahan pustaka

Apa bila bahan pustaka telah dibuat katalognya, maka kegiatan selanjutnya adalah penyiapan bahan pustaka tersebut, yang lazim disebut kegiatan pasca katalog, kegiatan ini meliputi:

1.      Mengetik kartu
Jumlah kartu yang diketik disesuaikan dengan jajran yang akan dibuat katalog kartu itu hendaknya terbuat dari kertas yang agak tebal, agar tahan lama dan tidak mudah rusak atau robek. Sekarang tersedia kartu katalog yang dapat diketik melalui komputer dan manual.

2.      Persiapan buku
a.       Menempelkan label pada punggung buku
b.      Menempelkan kantong buku dan slip tanggal kembali
c.       Membuat dan memasukkan kartu buku
3.      Menjajarkan kartu katalog
Mengurutkan secara sistematis
4.      Menyimpan atau menyusun bahan pustaka di rak perpustakaan
5.      Bila dianggap perlu juga dilakukan penjilidan dan penyampulan. Meskipun bukunya baru, akan tetapi karena buku tersebut akan digunakan oleh banyak orang, maka perlu dijilid awal dan disampul.

B.     Filing kartu katalog

Kartu-kartu katalog yang telah dibuat baik kartu katalog judul, pengarang ataupun subjek perlu disimpan secara baik dan ditempatkan pada laci katalog serta pengaturannya dilakukan secara sisitematis sehingga mempermudah penemuan kembali infiormasi/ bahan pustaka yang ada dalam jajaran di rak secara cepat dan tepat
Untuk pengaturan dan penyimpanan yang cepat dan sistematis tersebut, terlebih dahulu harus ditetapkan cara yang digunakan perpustakaan yang lazim digunakan:

1.      Mengabjad
Menyusun / menjajarkan kartu katalog berdasarkan abajad a - z
2.      Menyusun angka
Berdasarkan urut angka





Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengolalahan bahan non buku

ringkasan materi UT:perpustakaan s1 PENGOLAHAN BAHAN NON BUKU Bahan non buku : Adalah semua bahan yang tidak dijilid kedalam bentuk sebuah buku. Fothergill (1990 : 3 ) MARC  (Machine-Readable Catalog)  atau katalog yg terbacakan mesin . Bahan BNB berdasarkan jenis dan sipat bahan: 1.      Kertas ( kartu, bagan, seni reproduksi, foto tercetak ) 2.      Film (film strip, slide, film layar lebar, bentuk mikro) 3.      Pita magnetic (pita suara, kaset, pita video, gulungan, kaset, piringan magnetic) 4.      Plastik, plastic transparan, opac laservision, CD audio, dan CD ROOM Cantuman MARC adalah kumpulan data tekstual mengikuti standar ISO 2709 yg dikembangkan oleh perpustakaan untuk tujuan pertukaran data bibliografi  AACR2 mempunyai cirri-ciri sebagai berikut : a.       Umum artinya dap...

manajemen penerbitan

MODUL 1 KONSEP DASAR, PROSES, FUNGSI & PENDEKATAN MANAJEMEN KB 1 KONSEP DARAS MANAJEMEN 2 faktor yang mempengaruhi dunia bisnis : 1.       Faktor manusia (67%), mencakup praktek manajemen SDM, komitmen terhadap pekerja & penekanan pada pencapaian tujuan. 2.       Faktor ekonomi (33%)mencakup pangsa pasar relatif, ukuran perusahaan& profitabilitas industri. A.     PENGERTIAN MANAJEMEN 1.       Organisasi Robinns mendefinisikan organisasi sbg kesatuan sosial yg dikoordinasikan scr sadar, dgn sebuah batasan yg relatif dpt diidentifikasi, yg bekerja atas dasar yg relatif terus-menerus utk mencapai suatu tujuan bersama/kelompok. Aspek2 dlm organisasi : ·          Kestuan sosial→unit yg terdiri dari org/kelompok yg berinteraksi satu sama lain ·          Dikoordinasikan scr sadar yg bermakn...

ringkasan materi manajemen perpustakaan

RANGKUMAN MATERI 1.      PENGERTIAN PERPUSTAKAAN DAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERPUSTAKAAN 1.1.DEFINISI, TUGAS, DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN Perpustakaan adalah tempat menyimpan, mengolah, dan mencari informasi di mana informasi tersebut dapat berbentuk bahan bacaan tercetak (buku, jurnal, referens, dan bahan pustaka tercetak lainnya) maupun bahan bacaan dalam bentuk elektronik (electronic book, elektronik jurnal, dan bahan bacaan bentuk elektronik lainnya). Di dalam perpustakaan tersebut ada organisasi dan sistem yang mengatur perjalanan bahan pustaka / informasi mulai dari pengadaan, peminjaman hingga pelayanan dan penyajian kepada pengguna perpustakaan. Tugas perpustakaan adalah mengumpulkan, mengolah, memelihara, merawat, melestarikan, mengemas, menyimpan, memberdayakan, dan menyajikan koleksi bahan pustaka kepada pemakai. Jadi, pada prinsipnya tugas perpustakaan adalah menyediakan layanan informasi untuk kepentingan masyarakat, baik masyarakat ilm...